Tahun Ajaran Baru, SD dan SMP Sekolah Tatap Muka Bertahap

by -171 views
Sekretaris Disdik Kota Tanjungpinang Soemantri
Sekretaris Disdik Kota Tanjungpinang Soemantri

Tanjungpinang, (digitalnews) – Tahun ajaran baru 2021, SD dan SMP di Tanjungpinang sekolah tatap muka secara bertahap.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang Soemantri kepada awak media ini, Rabu (31/03/2021).

“Secara bertahap itu dengan arti dibagi sesi belajar tatap mukanya,” katanya saat dikonfirmasi lewat telpon seluler.

Ia menjelaskan, sesi belajar itu nantinya dibagi menjadi dua sesi dengan jumlah sebanyak 50 persen siswa secara bergantian.

“Misalnya, Hari Senin murid kelas I dan kelas VI, Selasa kelas II dan V dan selanjutnya. Atau bagi sekolah yang masih ada yang belajar masuk siang, dibagi saja jumlah siswanya agar tak terjadi kerumunan dengan jumlah yang lebih dari 50 persen,” terang Soemantri.

Soemantri berharap, sebelum masuk tahun ajaran baru, guru-guru SD dan SMP selesai divaksin semua untuk menghindari penyebaran Covid-19 di sekolah.

“Jadi, sebelum masuk ajaran baru, guru-guru SD dan SMP yang ada di Tanjungpinang diharapkan sudah selesai divaksin agar aman saat mengajar murid-muridnya di sekolah,” sebutnya.

Kemudian kata Soemantri, jika nanti sekolah tatap muka berjalan dengan lancar dan tidak ada penambahan penularan Covid-19, maka belajar tatap muka akan dilanjutkan.

“Sesi belajarnya akan ditambah. Tapi, jika nantinya pasien Covid-19 bertambah, maka sekolah tatap muka akan ditutup kembali. Semoga tidak ada lagi penambahan Covid-19 ya di Tanjungpinang,” harapnya.

Yang penting, tambahnya, orang tua wali murid berkomitmen dan bersinergi dengan wali kelas (Guru) terhadap peraturan yang akan diberlakukan di sekolah demi terciptanya keamanan dan kenyamanan bersama.

“Pagi antar anaknya ke sekolah, begitu pula saat pulang sekolah jemput anaknya tepat waktu yang ditentukan agar tidak terjadi kerumunan. Kalau tepat waktu, anak yang masuk sekolah pada sesi siang tidak akan ketemu dengan yang pagi,” sebut Soemantri.

Sementara, salah satu wali murid, Desi sangat setuju jika sekolah tatap muka di Tanjungpinang dapat kembali diberlakukan.

Karena menurut ia, siswa belajar di rumah sangat tidak efektif dan konsentrasinya terganggu.

“Mudah-mudahan pandemi Covid-19 ini berakhir dan anak-anak dapat kembali belajar di sekolah bersama guru. Karena guru mengajar sangat efektif dari pada wali murid di rumah,” harap Desi sambil berdo’a. (*)

Penulis: Era

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.