FSIGB 2022 Dimulai, Ansar Ahmad Dukung Penuh

by -32 views
FSIG 2022
FSIG 2022

Tanjungpinang, (digitalnews) – Festival Sastra Internasional Gunung Bintan (FSIGB) tahun 2022 dimulai pada 25 September mendatang.

Kegiatan bergengsi itu dilaksanakan selama 2 hari dan didukung penuh oleh Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad.

Ia mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kepri mendukung kegiatan yang akan diselenggarakan di Tanjungpinang itu.

“Saya berharap kegiatan ini menjadi ivent tahunan dan menjadi icon budaya Kepri ke depan,” ujarnya saat pertemuan bersama panitia pelaksana dan Rida K Liamsi di Gedung Daerah belum lama ini.

“Dan, sebagai implementasi dari visi dan misi Kepri sebagai Bunda Tanah Melayu,” tambah Ansar.

Karena itu, Ansar berjanji akan hadir dan akan membuka secara resmi FSIGB 2022 yang direncanakan diadakan di pelataran Gedung Daerah pada 24 September 2022 malam.

Lanjut Ansar, kegiatan FSIG ini juga akan diikuti oleh peserta dari negara jiran atau tetangga.

Pada acara pembukaan tersebut direncakan akan diluncurkan 6 buah buku, antara lain antologi puisi bersama Jazirah 11,12 dan 13, yang berisi puisi para peserta puisinya dintatakan lolos kurasi yang berasal dari sekitar 400 penyair.

Juga tiga buku sejarah, yaitu Penyengat Indrasakti dan jejak sejarahnya, Bintan dan jejak sejarahnya serta Lingga dan jejak sejarahnya.

Selain itu, pada malam pembukaan itu juga akan diserahkan penghargaan budaya yaitu Anugerah Jembia Emas, penghargaan tahunan budaya yang sudah dilakukan sejak tahun 2016.

Malam pembukaan ini juga akan diramaikan dengan acara baca puisi sejumlah penyair antara lain Presiden Penyair Indonesia Sutarji Calzoum Bachri, dan sejumlah penyair lainnya dari Singapura, Malaysia dan dan beberapa daerah di Indonesia.

“Saya bersedia ikut membaca puisi nanti,” tutup Ansar.

Untuk diketahui, FSIGB adalah event sastra tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT Propinsi Kepri ke 20 yang jatuh tiap tanggal 24 September.

Sementara itu, FSIGB 2022 akan dimeriahkan sebanyak 140 penyair, juga ada seminar sastera, peluncuran bersama 100 buku puisi karya para penyair peserta FSIGB dan ziarah budaya. (*)

Penulis: Era

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.