Kisah ASN Penyandang Disabilitas yang Kini Berwirausaha

by -273 views
M.Eska Ryannanda

Tanjungpinang, (digitalnews) – Menjadi atau bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan dambaan setiap pemuda di Indonesia.

Begitu juga dengan Muhammad Eska Ryannanda, pemuda asli kelahiran Kota Tanjungpinang 1994 silam.

Walau pun ia terlahir tidak sempurna atau penyandang disabilitas, Ryan tetap semangat dan menyelesaikan pendidikannya meraih gelar sarjana ilmu pemerintahan.

Ditengah keterbatasan yang dimiliki, Ryan membuktikan ia mampu dan bisa sukses.

Tidak hanya menjadi ASN, Ryan juga menyempatkan diri di luar pekerjaanya untuk berwirausaha untuk mendapatkan penghasilan demi keluarga.

Untuk diketahui, Ryan ialah seorang ASN di OPD Barenlitbang lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, Provinsi Kepri.

Ryan bercerita, bermula sejak usia 23 tahun, memiliki kemampuan membawa kendaraan roda empat dan memberanikan diri untuk menjadi supir berkat dorongan seorang istri yang setia menemaninya.

“Kini usia saya 28 tahun dan sudah memiliki usaha rental mobil dengan merek dagang JR Rental di batu 5 atas jalan Seijang,” katanya, Senin (08/08/2022) malam, saat bincang-bincang bersama awak media.

Meski demikian, Ryan mengaku bahwa privilege keluarganya sangatlah bagus. Namun, tidak menyurutkan dirinya untuk berusaha dan menjadi penyandang disabilitas yang mandiri.

“Saya anak pertama dari tiga saudara,” ujarnya sambil menyibukkan diri di depan laptop kerjanya.

“Semua ini berkat dorongan keluarga serta istri,” sambungnya.

Pria yang ditemui sedang duduk santai di sebuah cafe di Tanjungpinang itu mempunyai mimpi fokus membimbing pemuda di kota kelahirannya yang ingin berusaha dan mandiri.

“Empat tahun saya berwirausaha semenjak menikah dari tahun 2017,” sebutnya.

Tentunya dengan memiliki segudang pengalaman serta ilmu, maka ia siap memberikan ruang dan berbagi ilmu kepada pemuda yang ingin belajar dan berusaha.

Walau sudah sukses, Ryan masih memiliki mimpi atau cita-cita yang sedang ia pikirkan dan segera digarap demi cita-cita dan keluarga. (*)

Penulis: Era

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No More Posts Available.

No more pages to load.