DP3APM Kota Laksanakan Lomba TTG, Berikut 9 Syarat Dipenuhi

by -178 views
Kadis P3APM Kota Tanjungpinang, Rustam
Kadis P3APM Kota Tanjungpinang, Rustam

Tanjungpinang, (digitalnews) – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) Kota Tanjungpinang akan melaksanakan Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) berbasis Pemberdayaan Masyarakat.

Hal ini dikatakan oleh Kadis P3APM Kota Tanjungpinang Rustam kepada awak media ini, Rabu (17/02/2021) siang.

“Lomba akan digelar pada 8-9 April 2021 bertempat di Aula Bulang Linggi Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang,” ujarnya.

Rustam menyebutkan, dengan dilaksanakannya lomba tersebut diharapkan akan bermunculan jiwa inovatif dan kreatif dari masyarakat baik di bidang pertanian, perikanan dan industri kecil yang nanti outputnya dapat memberikan sumbangsih seperti informasi maupun barang jadi kepada masyarakat.

“Lomba terbuka bagi masyarakat, pelajar/mahasiswa, lembaga penelitian dan pengembangan serta lembaga swadaya masyarakat di wilayah Kota Tanjungpinang,” ungkapnya.

Adapun syarat dan ketentuan lomba adalah sebagai berikut :
1. Alat TTG yang sudah pernah mendapat juara 1,2 dan 3 pada Lomba tingkat kota, provinsi maupun nasional tidak berhak ikut lagi.
2. Peserta boleh individu ataupun kelompok baik dari masyarakat umum, pelajar, akademisi maupun swasta yang berdomisili di Tanjungpinang.
3. Satu kelompok (tim) maksimal terdiri dari 3 orang.
4. Setiap lembaga/sekolah/perguruan tinggi/LSM/kelompok masyarakat boleh mengirimkan lebih dari satu tim dan alat TTG.
5. Peserta lomba wajib mengirimkan atau diantar langsung dokumen usulan TTG melalui DP3APM Kota Tanjung Pinang paling lambat 29 Maret 2021.
6. Bersedia mempresentasikan TTG di depan juri bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi.
7. Pernyataan berisi keterangan bahwa TTG yang diperlombakan bukan replika atau belum pernah dilombakan dimanapun.
8. Identifikasi TTG berisi informasi tentang judul TTG, identitas pengusul, latar belakang TTG yang dikembangkan, manfaat, spesifkasi, cara kerja, kelebihan dan kelemahan, dan informasi lain yang dianggap perlu.
9. TTG yang dilombakan dapat dimanfaatkan untuk aktifitas pertanian dan agroindustri, perikanan, kelautan, industri kecil dan sebagainya serta sudah diujicobakan ( bukan hasil prakarya sekolah atau kampus).

Sementara itu, kriteria penilaian lomba meliputi seleksi administrasi, aspek teknis dan sosial ekonomi serta tampilan saat presentasi

“Untuk pemenang lomba akan ditetapkan juara satu, dua, tiga dan harapan satu dengan hadiah yang cukup menarik,” terang Rustam.

“Bagi juara satu tingkat kota akan diikut sertakan pada lomba tingkat provinsi,” pungkasnya. (*)

Penulis: Era

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *