LSM Cindai Pantau Pilbub Lingga, Zulkarnaen Apresiasi Sirekap

by -269 views
Wakil Ketua Umum (Waketum) Cindai Kepri Zulkarnain
Wakil Ketua Umum (Waketum) Cindai Kepri Zulkarnain

Tanjungpinang, (digitalnews) – LSM Cindai Provinsi Kepri ikut memantau jalannya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) di Kabupaten Lingga tahun 2020.

Hal ini dikatakan oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) LSM Cindai Zulkarnaen kepada awak media ini, Sabtu (12/12/2020).

Ia apresiasi penggunaan aplikasi Sirekap oleh KPU untuk mempermudah masayarakat Kepri melihat dan menyaksikan penghitungan suara yang lebih transparan.

“Penerapan penggunaan Sirekap ini dimaksudkan untuk meminimalisir kesalahan penghitungan dan rekapitulasi, melakukan efisiensi serta transparansi penghitungan dan rekapitulasi hasil perolehan suara pada pemilihan,” ujarnya.

Jadi kata Zul sapaan akrabnya Putra Senayang ini, jelas fungsi aplikasi Sirekap ini agar seluruh masyarakat tau dan bisa memantau jalannya penghitungan suara dan rekapitulasi hasil pencoblosan paslon.

“Untuk terjadinya kecurangan sangat lah minim jika dilakukan secara terbuka seperti ini,” sebutnya.

Ia menganggap aneh jika hanya alasan sulitnya jaringan internet di Lingga sehingga Aplikasi ini diminta untuk tidak difungsikan.

“Bukan sebuah alasan yang tepat, banyak solusi untuk bisa mengUpload hasil rekapitulasi suara. biar semua masyarakat Lingga tau hasil PILKADA Lingga,” ungkapnya.

Untuk itu kata Zul, CINDAI Provinsi Kepri mendukung penuh azas prinsip dasar pemilu Langsung Umum Bebas dan Rahasia (LUBER) serta Jujur dan Adil dengan memberikan akses keterbuakaan seluas luasnya kepada masyarakat.

“Kami akan pantau terus dan akan memaksimalkan seluruh Pengurus dan Anggota CINDAI Lingga untuk memantaunya,” pungkasnya. (*)

Penulis: Era

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *