Pandemi Melanda, BPJS Kesehatan Laksanakan Pelayanan Lewat Pandawa

by -116 views
Kepala Cabang BPJS Kesehatan Tanjungpinang Fauzi Lukman Nurdiansyah
Kepala Cabang BPJS Kesehatan Tanjungpinang Fauzi Lukman Nurdiansyah

Tanjungpinang, (digitalnews) – Kepada peserta dan calon peserta JKN KIS, dikarenakan pandemi masih melanda, BPJS Kesehatan melaksanakan pelayanan dengan cara tidak tatap muka.

Demi kenyamanan bersama dan meminimalisir kontak fisik, maka pelayanan ke masyarakat melalui Pelayanan Administrasi WhatsApp (Pandawa).

“Silahkan dengan mengakses nomor WhatsApp BPJS Kesehatan Tanjungpinag 081348110273,” kata Kepala Cabang BPJS Kesehatan Tanjungpinang Fauzi Lukman Nurdiansyah kepada media, Rabu (22/09/2021) di Hotel Nite and Day (Laguna) wilayah setempat.

Ada pun jenis pelayanan yang diberikan dengan Pandawa tersebut yakni: Pendaftaran baru PBPU (Mandiri), PPU (PNS dan TNI/Polri) dan bukan pekerja, penambahan anggota keluarga, daftar bayi baru lahir, ubah jenis kepesertaan, ubah data identitas, ubah data golongan dan gaji (PNS dan TNI/Polri), ubah faskes Tingkat Pertama (TNI/Polri), perbaikan data ganda, penon aktifan peserta (Meninggal/WNI ke luar negeri) dan pengaktifan kembali Kartu Anak usia di atas 21 tahun (kuliah) untuk anak PPU (PNS TNI/Polri dan PPU BU).

“Dan, untuk pelayanan juga dapat diakses melalui aplikasi Mobile JKN,” ujar Fauzi Lukman.

Selain itu, lanjut Fauzi Lukman, pelayanan BPJS Kesehatan juga dapat melalui pelayanan VIKA melalui Care Centre 1500 400 dan CHIKA melalui jalur obrolan (Chatting) yang akan direspon oleh Artificial Inteligence.

“VIKA dapat memberikan informasi tentang status tagihan dan kepesertaan program JKN-KIS,” terangnya.

“Untuk CHIKA ada 6 pelayanan informasi yang dapat diakses dalam pelayanan JKN-KIS,” tambah Fauzi Lukman.

Adapun 6 informasi tersebut yakni, Status Kepesertaan dan tagihan iuran peserta, manfaat dan prosedur pelayanan kesehatan JKN-KIS, prosedur dan ketentuan perubahan data, lokasi Faskes dan lokasi kantor BPJS Kesehatan.

“Untuk itu peserta dapat melakukan Chatting ke nomor 08118750400 aplikasi WhatsApp dan Telegram (https://t.me/BPJSKes_bot) atau melalui FB Massenger BPJS Kesehatan,” papar Fauzi Lukman.

“Dengan gotong royong, semua tertolong,” pungkasnya. (*)

Penulis: Era

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.