Pulihkan Ekonomi Jurus AMAN di Pilgub Kepri 2020

by -27 views
Paslon AMAN saat menyampaikan program unggulan
Paslon AMAN saat menyampaikan program unggulan

Tanjungpinang, (digitalnews) – Pulihkan perekonomian di seluruh Provinsi Kepri menjadi jurus handal Calon Gubernur Kepri Ansar-Marlin Amanah Negeri (AMAN) di Pemiluhan Gubernur Kepri tahun 2020.

Hal ini disampaikannya saat Rapat Paripurna Penyampaian Visi Misi Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri di kantir DPRD Provinsi Kepri Dompak, Kota Tanjungpinang, Senin (12/10/2020).

“Lima misi yang sudah tersosialisasi akan dituang dalam 7 Program unggulan yang akan melandasi bagi Paslon AMAN kalau terpilih dan diamanahkan masyarakat Kepri sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur priode 2020-2024,” katanya saat penyampaian visi misi.

Kata Ansar, 7 program tersebut diantaranya Pertama, Pandemi Covid-19 telah berdampak signifikan terhadap lumpuh dan macetnya berbagai aktivitas kehidupan dan kegiatan pembangunan. Maka program unggulan Paslon Aman adalah percepatan pemulihan dan peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Untuk jangka pendek program ini akan dilakukan melalui penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan cara Pemberian bantuan modal usaha pada UMKM, pelatihan, bimbingan managemen dan aksesibilitas pasar, digitalisasi UMKM dengan melibatkan relawan digital serta melakukan Internasionalisasi produk-produk UMKM.

Lanjut Ansar, penguatan Industri dengan pemberian insentif pada industri yang terdampak Covid-19, memfasilitasi peminjaman modal bagi industri terdampak serta mendorong pembukaan wilayah-wilayah industri baru.

“Percepatan realisasi belanja pemerintah daerah untuk menggerakkan ekonomi masyarakat,” paparnya.

Kemudian kata Ansar, untuk jangka panjang, paket kebijakan pemulihan ekonomi Provinsi Kepri yang dirumuskan antara lain: Peningkatan investasi dengan cara memberikan kemudahan layanan perizinan.

Pemberian insentif investasi melalui pengurangan pajak daerah dan retribusi daerah, memberikan kenyamanan dan kepastian investasi bagi investor dengan memfasilitasi sarana pendukung investasi seperti lahan, jalan, jembatan, listrik dan air bersih. Tak kalah pentingnya adalah peningkatan investasi PMA dan PMDN.

“Selanjutnya kami akan melakukan Kebijakan Peningkatan Pemanfaatan Free Trade Zone (FTZ) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan cara pemberlakuan FTZ Batam, Bintan dan Karimun secara menyeluruh,” ungkapnya Ansar.

Selain itu, sambung Ansar, pihaknya juga akan melakukan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan baru sebagai penyangga pusat pertumbuhan yang telah berkembang, mengembangkan kawasan strategis bagi pertumbuhan industri dan pariwisata yang berbasis kelautan.

Ansar-Marlin Amanah Negeri (AMAN) Paslon Nomor urut 3
Ansar-Marlin Amanah Negeri (AMAN) Paslon Nomor urut 3

Ansar juga akan mengembangkan kawasan industri kecil sebagai penunjang kegiatan industri utama. Khusus pada program penguatan pembangunan industri maritim dilakukan dengan cara peningkatan investasi galangan kapal, jasa kepelabuhanan, pergudangan dan logistik, serta offshore.

“Jika diamanahkan, AMAN akan melakukan beberapa program di bidang ketenagakerjaan seperti membuka lapangan kerja baru dengan target 100.000 lapangan pekerjaan,” tuturnya.

Menurut Ansar, peningkatan skill tenaga kerja berbasis dunia kerja dengan target 5.000 tenaga kerja pertahun serta dilanjutkan sertifikasi tenaga kerja dengan target 5000 tenaga kerja pertahun.

“Memfasilitasi Upah Minimum Provinsi (UMP) yang berkeadilan juga sangat penting. Selain itu perlindungan sumberdaya tenaga kerja daerah perlu dilakukan secara berkelanjutan,” ucapnya.

Ketika disinggung soal lesunya sektor pariwisata, Ansar – Marlin siap ntuk mengairahkan kembali sektor pariwisata Kepulauan Riau. AMAN akan melakukan beberapa langkah untuk menaikkan dunia pariwisa Kepri.

Beberapa langkah yang akan dilakukan yakni pengembangan wisata ramah kesehatan. Tourism linkage networking antar kabupaten dan kota.  Memfasilitasi wisata unggulan kabupaten/kota.

“Kalau kami diamanahkan memimpin Provinsi Kepri tentu juga akan mengembangkan kegiatan ekonomi kreatif dengan cara pengembangan, pendampingan dan pemasaran produk ekonomi kreatif secara berkesinambungan,” sebut Ansar.

“Fasilitasi dan pendampingan kepada 1000 pelaku ekonomi kreatif setiap tahunnya.
Membangun platform bisnis digital di Provinsi Kepri yang akan menjadi lokomotif penggerak ekonomi digital,” pungkasnya. (**)

Penulis: Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *