Selain Gapalih, LSM Kepri Hijau Pun Soroti Stokfile Bijih Bouksit yang Menumpuk

by -120 views
Inilah stokfile bijih bouksit yang menumpuk dan terbiar dan gersang
Inilah stokfile bijih bouksit yang menumpuk dan terbiar dan gersang

Tanjungpinang, (digitalnews) – Pasca penambangan boksite di wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), beberapa wilayah pertambangan bouksite kini dipenuhi tumpukan stokfile sisa tambang yang menumpuk.

Kemaren, LSM Gapalih Provinsi Kepri menyoroti hal tersebut. Kini, Sabtu (20/05/2023) siang, kembali di sorot oleh pemerhati lingkungan di wilayah setempat.

Yakni, LSM Kepri Hijau yang diketuai oleh Tedy. Menurutnya, penumpukkan stokfile bijih bouksit ini dapat mengakibatkan lambatnya proses reklamasi dan berdampak pada lingkungan sekitar.

“Harusnya, sisa stokfile yang tersisa harus dibersihkan hingga lahan tambang tersebut bisa dihijaukan kembali atau digunakan untuk kepentingan yang lebih bermanfaat,” ujar Tedy.

Lanjut Tedy, jika stokfile itu masih bisa mendatangkan income bagi daerah mengapa tidak untuk dijual. Dan, seharusnya sisa pertambangan boksite yang masih mengunung di beberapa wilayah di Kepri dibersihkan.

“Kalau itu bisa mendatangkan income bagi daerah, kenapa tidak,” ucapnya.

Ketua LSM Kepri Hijau itu mendukung jika ada relugasi yang mengatur dan sesuai dengan peraturan yang ada. Tapi, reklamasi harus segera dilaksanakan agar dapat kembali hijau.

“Kami siap membantu pihak-pihak yang ingin menghijaukan atau melakukan reklamasi jika itu benar-benar terlaksana,” pungkas Tedy.

Sebelumnya, Jufri atas nama LSM Gapalih sanggat mendukung bila ada satu pengusaha untuk mengelola sockpile bijih bouksit tersebut dijadikan nilai ekonomis atau dijual ke smellter yang sudah ada.

“Hal ini bila dilakukan maka ada pergerakan ekonomi di masyarakat serta terbukanya lapangan kerja non permanen tapi dapat untuk memberi sedikit pendapatan bagi masyarakat pasca Covid 19,” sebutnya. (*)

Penulis: Era

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.