PWI Kepri Audiensi ke Polda, Ini Kata Jenderal Bintang 2 Asli Anak Tanjungpinang

by -96 views
Ketua PWI Kepri, Andi saat menyampaikan maksud dan tujuan dari audiensi kepada Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah
Ketua PWI Kepri, Andi saat menyampaikan maksud dan tujuan dari audiensi kepada Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah

Batam, (digitalnews) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepulaua Riau (Kepri) melaksanakan audiensi ke Polda Kepri, Kota Batam, Senin (01/04/2024) siang.

Kunjungan tersebut secara langsung diterima oleh Kapolda Kepri, Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah, bersama Pejabat Umum (Pju) Polda Kepri.

Hadir saat audiensi, Ketua PWI Kepri Andi Gino, Wakil Ketua Novianto, Ketua Dewan Penasehat, Richard Nainggolan, Qairul Fitra, dan Ketua Bidang EO Agus Bagjana.

Andi mengungkapkan rasa terima kasih atas sambutan yang hangat dalam acara audiensi tersebut. Menurutnya, kegiatan ini bukan hanya sekadar pertemuan formal, melainkan juga momentum untuk mempererat silaturahmi dan memperkokoh kerjasama yang telah terjalin antara PWI dan Polda Kepri.

“Dalam konteks keamanan dan informasi publik, kerjasama yang erat antara PWI dan institusi kepolisian, sangatlah penting untuk memastikan bahwa masyarakat dapat memperoleh informasi yang akurat dan terpercaya,” ujarnya.

Andi menjelaskan, bahwa audiensi ini juga bertujuan untuk membahas langkah-langkah konkret dalam meningkatkan kemampuan wartawan. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah melalui pelatihan peningkatan kemampuan (Latkatpuan) yang diselenggarakan oleh PWI bersama para wartawan.

“Pelatihan tersebut akan fokus pada peningkatan keterampilan dalam penulisan berita yang berkualitas serta pengelolaan opini yang sejalan dengan prinsip-prinsip UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers dan UU No. 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik,” sebutnya.

Dengan demikian, Andi berharap, para wartawan dapat menjadi garda terdepan dalam menyediakan informasi yang informatif, akurat, dan seimbang kepada masyarakat.

“Sehingga, mampu mendukung terciptanya masyarakat yang lebih terinformasikan dan partisipatif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Di waktu yang sama, Jenderal Bintang 2 asli kelahiran Tanjungpinang itu, mengungkapkan rasa terima kasih atas kunjungan PWI Kepri, serta mengapresiasi kinerja yang telah dilakukan oleh wartawan dalam mendukung masifnya pemberitaan terkait keberhasilan Polda Kepri.

Ia berharap agar silaturahmi yang terjalin dapat terus berjalan baik, sehingga pelaksanaan tugas-tugas kedepannya dapat dilakukan dengan lancar dan efisien, serta saling berkoordinasi diantara kedua belah pihak.

Ia juga menyoroti pentingnya tes kompetensi bagi wartawan di Provinsi Kepri sebagai langkah yang sangat baik. Baginya, tes kompetensi tersebut dapat menjadi sebuah indikator yang valid untuk menilai kualitas wartawan yang beroperasi di wilayah tersebut.

“Dengan adanya sertifikasi bagi wartawan, diharapkan mereka dapat menjalankan tugasnya dengan lebih profesional dan bertanggung jawab,” ucap Yan.

Sementara, Kapolda Kepri juga mengapresiasi rencana pelaksanaan lomba mural oleh PWI Provinsi Kepri, yang merupakan langkah positif untuk memperkuat hubungan antara wartawan dan masyarakat serta menyampaikan pesan-pesan positif melalui seni mural. (*)

Penulis: Era

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.