Sambut HUT ke-19 Kota Otonom, Pjs Gubernur dan Walikota Ziarah Makam

by -70 views
Tampak Pjs Gubernur Kepri dan Walikota Tanjungpinang Rahma khusuk dalam berdo'a di makam Daeng Marewa dan Daeng Celak
Tampak Pjs Gubernur Kepri dan Walikota Tanjungpinang Rahma khusuk dalam berdo'a di makam Daeng Marewa dan Daeng Celak

Tanjungpinang, (digitalnews) – Menyambut HUT Kota Otonom Tanjungpinang ke-19, Pjs Gubernur Kepri Bahtiar dan Walikota Tanjungpinang Rahma melaksanakan ziarah ke makam Daeng Marewa dan Daeng Celak di Sei Carang Kota Tanjungpinang, Kepri pada Jum’at (16/10/2020) pagi.

Usai ziarah, Bahtiar menuturkan keturunan raja-raja yang berada di Pulau Penyengat yang dimakamkan di sini memiliki makna penting bagi kita terutama warga Kepri untuk mengingat sejarah dan menghormati jasa-jasa para leluhur kita.

“Kalau tidak ada para raja terdahulu, maka daerah ini pun tidak akan ada. Sekarang kita tinggal menikmatinya. Untuk itu, kita harus menjaga, merawat, dan memberikan perhatian khusus pada makam-makam kerajaan ini,” katanya.

Menurut Bahtiar, kawasan ini merupakan cagar budaya yang harus dirawat. Bila ditata dan dikelola dengan baik bisa dijadikan destinasi wisata religius di Kepri.

“Tentu, ini berdampak pada peningkatan ekonomi warga sekitar,” sebutnya.

Ia mencontohkan tempat-tempat bersejarah di Jakarta, seperti makam-makam kerajaan itu terawat dan terjaga dengan baik. Sehingga para pengunjung yang datang merasa nyaman.

“Daeng Celak dan Daeng Marewa adalah orangtua dari kerajaan di tiga negara Malaysia, Singapura, dan Indonesia,” terangnya.

“Kita menjaga dan merawat makam dengan baik saja adalah suatu bentuk penghormatan kita kepada para leluhur pemegang wilayah ini,” tambahnya.

Diwaktu yang sama, Rahma menyambut baik atas kunjungan Pjs Gubernur Kepri Bahtiar. Ia menyebutkan apa yang diusulkan Pjs Gubernur Kepri akan ditindaklanjuti, seperti penyediaan fasilitas yang nyaman untuk para pengunjung dan menjadikan daerah ini sebagai tempat wisata religius.

“Segera mungkin akan membahas masalah ini bersama dinas terkait,” ungkapnya.

Sementara itu, turut hadir dalam ziarah makam tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surjadi, Plt Camat Tanjungpinang Kota Raja Hafizah, dan Lurah Kampung Bugis Rio Reinaldy. (**)

Penulis: Era/Diskominfo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *